Benchmarking Departemen PAUD FIPP UNY ke Labschool UNNES

Departemen PAUD FIPP UNY mengadakan kunjungan ke Labschool Unibersitas Negeri Semarang (UNNES) pada hari Rabu, 12 Juni 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan benchmarking antar Departemen PAUD FIPP UNY ke Labschool dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan Labschool baik dari segi manajemen maupun pembelajaran. 

TK Labschool UNNES Berada di bawah naungan LP3 (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi) Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Wadiyo, M.Si. selaku Kepala Pusat Pengembangan Sekolah Laboratorium memberikan sambutan dan menerima dengan baik kunjungan PAUD FIPP UNY sebagai langkah untuk saling bertukar informasi mengenai pengelolaan Labschool. Beliau menyampaikan bahwa Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi center of excelent, bagi Pendidikan di Jawa Tengah.

TK Labschool UNNES menggunakan model sentra yang dikembangkan Creative Curriculum. Model ini mengelola kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dengan inisiatif anak. Bermain dipandang sebagai kerja otak sehingga anak diberi kesempatan untuk memulai dari mengembangkan ide hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya “start and finish”. Dukungan guru memfasilitasi anak mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak diberi keleluasaan untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan pengalaman tentang dunia sekelilingnya. Semua sentra yang didesain ini diberikan kepada siswa melalui metode “Moving Class”. Setiap hari anak akan bertemu dengan variasi sentra dan kegiatan yang akan menarik minat anak serta menumbuhkan kemandirian sejak dini.

Labschool UNNES menggunakan metode pembelajaran ABCD5E yang diciptakan oleh Tim TK Labschool UNNES dan diketuai oleh Sri Wiji Handayani, S.Pd. yang merupakan model pembelajaran yang mengedepankan merdeka bermain. Model pembelajaran ABCD5E adalah sebuah pendekatan dalam desain pembelajaran yang dirancang untuk membantu instruktur mengembangkan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk menjalin kerjasama yang dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak (Om)