Training of Trainer Kurikulum Merdeka Departemen PAUD FIPP UNY

Departemen PAUD FIPP UNY melaksanakan kegiatan Training of Trainer Kurikulum Merdeka PAUD FIPP UNY. Kegiatan dilaksanakan di Gedung IDB lantai 3 pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2024. Narasumber kegiatan ini adalah ibu Linawati, S.H., S.Pd., M.Psi. yang merupakan Fasilitator Sekolah Penggerak dan pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) DIY. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran penting dalam membentuk dasar perkembangan anak-anak sejak dini. Untuk mencapai kualitas pendidikan PAUD yang optimal, diperlukan peran guru PAUD yang berkualitas. Oleh karena itu, pelatihan guru PAUD menjadi suatu kebutuhan yang prioritas khususnya untuk pelatihan kurikulum dikarenakan kurikulum memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena merupakan alat dalam mencapai tujuan program pendidikan, serta evaluasi suatu kegiatan pembelajaran. Kurikulum Merdeka merupakan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan keleluasaan kepada guru dalam merancang materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi lokal. Penerapan Kurikulum Merdeka bertujuan untuk melibatkan guru sebagai fasilitator yang mampu memberikan pembelajaran yang kontekstual dan relevan.

Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Dalam menjalankan fungsi utamanya, perguruan tinggi menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dimana salah satunya adalah memberikan pelatihan kepada para guru, Departemen PAUD FIPP UNY mengadakan kegiatan Training of Trainer Kurikulum Merdeka agar dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam memberikan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Prof. Dr. Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd. dan diikuti oleh seluruh Dosen dan tenaga kependidikan serta laboran Departemen PAUD FIPP UNY. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan kualitas diri, namun juga diharapkan dapat memperkuat Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN). (om/wil)